Computer virus illustration

Tanda Komputer Terkena Virus

Posted on

Tanda Komputer Terkena Virus

Virus komputer adalah perangkat lunak berbahaya (juga dikenal sebagai “perangkat lunak perusak”) yang dapat menyalin dirinya sendiri dan menginfeksi perangkat lunak atau file lain di komputer Anda.

Jika Anda mencurigai komputer Anda terinfeksi kenali terlebih dahulu beberapa tanda komputer terkena virus, beberapa situs antivirus menyediakan petunjuk langkah demi langkah untuk menghapus virus dan malware lainnya.

Untungnya, jika Anda mengupdate komputer Anda dan menggunakan perangkat lunak antivirus gratisan seperti AVG, Anda dapat membantu menghapus perangkat lunak yang tidak diinginkan secara permanen dan mencegah pemasangan di tempat pertama.

Bagaimana saya tahu jika komputer saya terinfeksi? Setelah Anda membuka dan menjalankan program atau lampiran yang terinfeksi di komputer Anda, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda telah mengenalkan virus sampai Anda melihat ada yang tidak beres.

Tanda Komputer Terkena Virus :

● Komputer Anda berjalan lebih lambat dari biasanya.

● Komputer Anda sering berhenti merespons atau membeku.

● Komputer Anda mogok dan restart setiap beberapa menit.

● Komputer Anda restart sendiri dan kemudian gagal berjalan normal.

● Aplikasi pada komputer Anda tidak bekerja dengan benar.

● Disks atau disk drive tidak dapat diakses.

● Anda tidak dapat mencetak dengan benar.

● Anda melihat pesan kesalahan yang tidak biasa.

● Anda melihat menu dan kotak dialog yang terdistorsi.

Ini adalah tanda infeksi yang umum terjadi akan tetapi mungkin juga menunjukkan masalah pada perangkat keras atau perangkat lunak yang tidak ada hubungannya dengan virus. Kecuali Anda menjalankan beberapa jenis Perangkat Lunak Pelacakan Berbahaya dan menginstal perangkat lunak antivirus standar industri terkini di komputer Anda, tidak ada cara untuk memastikan apakah komputer Anda terinfeksi virus atau tidak. Waspadalah terhadap pesan yang mengingatkan Anda bahwa Anda telah mengirim email berisi virus. Ini bisa menunjukkan bahwa virus telah mencantumkan alamat email Anda sebagai pengirim email yang tercemar. Ini tidak berarti Anda memiliki virus. Beberapa virus memiliki kemampuan untuk menempa alamat email. Selain itu, ada kategori malware yang disebut perangkat lunak keamanan nakal yang bekerja dengan menyebabkan alert virus palsu muncul di komputer Anda.

Bagaimana cara menginstal pembaruan dan perangkat lunak antivirus jika saya tidak dapat menggunakan komputer saya? Mungkin sulit mendownload alat atau mengupdate komputer Anda jika komputer Anda terkena virus.

Anda dapat mencoba salah satu opsi berikut :

● Gunakan komputer lain untuk mendownload alat ke disk.

● Dapatkan bantuan melalui dukungan situs Antivirus Anda.

● Memiliki sistem Anda diperiksa oleh Teknisi

Bagaimana Cara Menghindari Virus komputer?

Tidak ada yang bisa menjamin keamanan komputer Anda, tapi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menurunkan kemungkinan Anda terkena virus.

Ini sangat penting untuk menjaga agar perangkat lunak antivirus Anda selalu tetap dengan versi terbaru (biasanya disebut file definisi) yang membantu alat mengidentifikasi dan menghapus ancaman terbaru. Anda dapat terus memperbaiki keamanan komputer Anda dan mengurangi kemungkinan infeksi dengan menggunakan firewall, menjaga agar komputer tetap up to date, mempertahankan langganan perangkat lunak antivirus saat ini, dan mengikuti beberapa praktik terbaik.

Tips: Karena tidak ada metode keamanan yang dijamin, penting untuk mencadangkan file penting secara teratur agar jika terjadi hal yang tidak diinginkan bisa di restore kembali.

 

Demikian Tanda Komputer Terserang Virus yang trikandroid.net berikan untuk kalian, semoga menambah ilmu dan wawasan anda untuk mengatasi virus di komputer.